Kopi hitam panas dan juwet buah anggur khas Lombok menemani obrolan malam kami. Tiba-tiba ada yang nyelutuk “Iya tuh, musti mandi di air terjunnya kalo mau menikah”. Reaksi saya? Tentu saja melongo. “Maksudnya gimana tuh Mas?” tanyaku masih bingung. Ternyata konon mitosnya bagi pengunjung Air Terjun Tiu Teja yang masih belum menikah harus mandi di air terjun tersebut. Mendengar hal ini saya cuman bisa menelan ludah. Perkaranya adalah saya paling malas main air di air terjun karena infrastruktur untuk ganti baju dan mandi sangatlah terbatas.

Keesokan harinya, ketika matahari mulai keluar menuju peraduannya kami pun bersiap-siap untuk tracking ke Air Terjun. Perjalanan ditempuh hampir satu jam, mulai dari melewati keindahan hutan hujan tropis, menyeberang sungai, mendaki bukit kecil, dan tentu saja yang paling menantang adalah digigit lintah. Jenis lintahnya adalah lintah jarum yang kecil-kecil. Akhirnya sampai juga kami ke air terjun yang dimaksud. Hal yang pertama dilihat mata dan yang terpikirkan hanya satu kata “WOW”. Indah sekali air terjun Tiu Teja. Surga indah yang tersembunyi. Belum banyak masyarakat yang tahu akan lokasi air terjun ini. Kami bisa sampai ke tempat ini berkat bantuan dari teman-teman pendamping kami yang luar biasa tangguh dan tangkas.

Tinggi air terjun ini sekitar 40 meter dengan lebar sekitar 10 meter dikelilingi oleh tumbuhan yang masih asri dan lebat. Terdapat pula kolam kecil berisikan lumut. Kolam di kaki air terjun dalamnya sekitar 1.2 meter sehingga aman bagi pengunjung yang tidak trampil berenang sekalipun.

Sejenak terlintas dalam pikiranku, kalau yang seperti ini sih tidak perlu diiming-imingi mitos pun semua orang pasti terjun dan mandi di kolam air terjun yang begitu indah dan segar. Perjalanan yang cukup menguras tenaga terbayarkan lunas tuntas.

Berkunjung ke Lombok harus berkunjung ke air terjun Tiu Teja ini. Lokasinya di Desa Santong. Akses menuju ke pintu air cukup mudah ditemukan. Selanjutnya harus menelusuri jalan setapak. Untuk lebih amannya, Anda disarankan untuk meminta panduan dari penduduk setempat.

Air Terjun Tiu Teja, keindahan dan kebanggaan Lombok yang tersembuyi. Seufuk surga di Utara Lombok.

Advertisements