Kenawa, nama yang tidak sering kita dengar. Tapi coba deh cari di internet, Anda pasti akan kagum dengan keindahan gambar-gambar yang ditampilkan. Tempat ini benar-benar indah. Pantai pasir putih masih bersih dan asri dengan sabana yang menguning seakan menyambut kedatangan kami. Bukit kecil di tengah pulau seakan memanggil kami untuk menaklukkannya di siang yang terik membakar. Namun panggilan laut lebih kuat. Dengan semangat menyebarkan rasa Cinta Indonesia, kami segera meloncat ke air membawa Sang Merah Putih. Kami pun tidak menyia-nyiakan waktu untuk mengibarkan Merah Putih di bawah laut Kenawa.

Setelah pengibaran Merah Putih, petualangan snorkeling kami pun  segera dimulai. Jarak pandang yang mencapai 10-15 meter diterangi cahaya matahari memantulkan pemandangan yang luar biasa dari terumbu-terumbu yang masih asri. Ikan-ikan kecil berenang gembira di sela-sela anemon-anemon. Karang-karang warna warni membuat bawah laut semakin indah untuk dipandangi.

Sayang sekali kami tidak bisa menyelam karena belum ada operator menyelam yang beroperasi di tempat ini. Disarankan kepada para pengunjung untuk bisa membawa alat selam dari Mataram sebelum menyeberang dari Pelabuhan Khayangan menuju Poto Tano. Untuk pemandu menyelam, Anda bisa menghubungi Dinas Kelautan yang berlokasi di dekat pantai.

Selesai snorkeling, kami pun mendaki bukit kecil tersebut dan menemukan pemandangan yang luar biasa dari atas bukit. Pemandangan seluruh Pulau Kenawa terlihat dari atas bukit. Tiada kata untuk mengungkapkan  betapa indahnya laut biru Indonesia dan gugusan pulau yang berdiri sendiri namun bernaung dalam satu kesatuan Negara Indonesia.

Untuk Anda yang mencari lokasi berlibur yang masih asri dan berbeda, Kenawa lah jawabannya.

Advertisements