Di tengah Pulau Satonda terdapat sebuah danau. Danau ini sangat unik karena air danaunya merupakan air asin. Tapi, bukan hanya itu, danau ini juga memiliki keunikan-keunikan lain.

Simak keunikan-keunikan Danau Air Asin Satonda berikut ini:

  1. Danau ini ditumbuhi lumut yang sangat tebal, padahal lumut seyogianya tumbuh di air tawar.
  2. ]Permukaan air danau ini lebih tinggi dari permukaan air laut yang mengelilingi pulau tersebut.
  3. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, kadar garam air danau ini lebih tinggi daripada kadar garam air laut yang mengelilingi Pulau Satonda.
  4. Ikan di danau ini hanya bisa hidup sampai seukuran kelingking pria dewasa, selanjutnya pasti mati. Hal ini mungkin disebabkan karena sumber makanan bagi ikan-ikan ini sangat terbatas dikarenakan lumut yang sangat tebal.
  5. Di pulau ini terdapat mitos Pohon Kalibuda. Konon kalau kita menggantungkan batu pada pohon ini dan membuat permohonan, niscaya akan terkabulkan.
  6. Batu yang digantung di Pohon Kalibuda ini harus diambil kembali kelak setelah permohonan terkabul.
  7. Pada tahun 1990-an terdapat goa di sebelah Selatan danau yang menghubungkan danau dengan laut, akan tetapi sekarang goa tersebut sudah tertutup.
  8. Danau ini sangat dalam, yaitu sekitar 70 meter.
  9. Daya tembus matahari hanya mencapai sekitar 10 meter karena terhalang oleh lumut yang sangat tebal.
  10. Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, danau ini merupakan kawah dari hasil erupsi Satonda yang terjadi sebelum erupsi Tambora. Pada saat Tambora meletus terjadi tsunami yang membawa air laut masuk menggenangi Danau Satonda sehingga air danau ini menjadi air asin selayaknya air laut.

 

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai Danau Satonda. Tentu saja Danau ini sangat menarik dan cantik untuk dikunjung. Dan, mungkin Anda akan tertarik untuk mencoba mitos Pohon Kalibuda itu sendiri.

Advertisements